WUJUD NYATA NETRALITAS PEGAWAI DALAM PEMILU 2024, BALAI BESAR POM DI BANJARMASIN MELAKSANAKAN PENANDATANGANAN PERNYATAAN NETRALITAS PEGAWAI

18-01-2024 Banjarmasin Dilihat 144 kali

Kurang dari sebulan lagi, Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi yaitu Pemilihan Umum (Pemilu) yang dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia. Sebagai bentuk dukungan Balai Besar POM di Banjarmasin dalam gelaran Pemilu Tahun 2024 ini, seluruh ASN Balai Besar POM di Banjarmasin berkomitmen untuk menjunjung tinggi Netralitas Pegawai. Netralitas memiliki prinsip tidak berpihak, bebas dari pengaruh, dan imparsial. Jika ASN tidak netral maka pelayanan publik akan terhambat karena kinerja ASN menjadi tidak profesional. Selain itu, ketidaknetralan ASN akan sangat merugikan negara, pemerintah, dan masyarakat. Tidak profesionalnya ASN saat pesta demokrasi akan menyebabkan target-target pemerintah di tingkat lokal maupun di tingkat nasional tidak akan tercapai dengan baik.

Sebagai wujud nyata dukungan Balai Besar POM di Banjarmasin, pada hari Rabu, 17 Januari 2024 bertempat di Aula Kantor Balai Besar POM di Banjarmasin telah dilaksanakan “Penandatanganan Pernyataan Netralitas Pegawai”. Proses Penandatanganan Pernyataan Netralitas Pegawai diawali oleh Kepala Balai Besar POM di Banjarmasin, Drs. Leonard Duma, Apt., MM dan diikuti oleh seluruh pegawai. Melalui kegiatan ini diharapkan ASN dapat menjaga dan menegakkan netralitas pegawai baik sebelum, selama, maupun sesudah Pemilu, menghindari konflik kepentingan serta tidak memihak pasangan calon tertentu. Selain itu, seluruh ASN diharapkan menggunakan media sosial secara bijak, serta menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun.

Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat semakin meningkatkan kepercayaan Masyarakat kepada Balai Besar POM di Banjarmasin dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dibidang pengawasan obat dan makanan. (ymp)

Sarana