RAYAKAN HUT KE-23 BPOM RI, BALAI BESAR POM DI BANJARMASIN ADAKAN FUN WALK BERSAMA PEGAWAI DAN KELUARGA

07-02-2024 Banjarmasin Dilihat 160 kali

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merupakan organisasi yang dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden No. 103 tahun 2001 Tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Kewenangan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pemerintah Non Departemen. Indonesia sebagai negara besar yang terdiri dari banyak wilayah darat, laut, maupun udara harus memiliki Sistem Pengawasan Obat dan Makanan (SisPOM) yang efektif dan efisien yang mampu mendeteksi, mencegah dan mengawasi produk-produk termaksud untuk melindungi keamanan, keselamatan dan kesehatan konsumennya baik di dalam maupun di luar negeri. Pertimbangan inilah yang menjadi salah satu alasan dibentuk BPOM yang memiliki jaringan nasional dan internasional serta kewenangan penegakan hukum dan memiliki kredibilitas profesional yang tinggi.

Hari Ulang Tahun ke - 23 BPOM RI pada tanggal 31 Januari 2024 diperingati oleh seluruh Unit Kerja Pusat dan Unit Pelaksana Teknis BPOM RI di seluruh wilayah Indonesia. Balai Besar POM di Banjarmasin sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPOM RI di Wilayah Kalimantan Selatan turut serta berpartisipasi memperingati HUT Ke-23 BPOM RI ini dengan mengadakan kegiatan Fun Walk. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 4 Februari 2024 mengundang seluruh pegawai beserta keluarga untuk berpartisipasi. Kepala Balai Besar POM di Banjarmasin, Drs. Leonard Duma, Apt., MM mengawali acara dengan sambutan yang dilanjutkan kesan pesan dari perwakilan pegawai dan keluarga. Setelah sambutan dan kesan pesan, dilanjutkan dengan kuis, mewarnai bersama anak-anak, dan diakhiri dengan senam gembira bersama seluruh pegawai dan keluarga.

Selama dua puluh tiga tahun BPOM RI bekerja melakukan tugas dan fungsinya dibidang pengawasan obat dan makanan bukan sebuah tugas yang mudah. Era digital ini semakin menambah tantangan BPOM RI kedepannya, kemajuan teknologi telah membawa perubahan-perubahan yang cepat dan signifikan pada industri farmasi, obat asli Indonesia, makanan, kosmetika dan alat kesehatan. Adanya berbagai tantangan ini diharapkan BPOM RI bersama dengan pelaku usaha dan Masyarakat sebagai konsumen dapat saling berkoordinasi menjadi pilar utama pengawasan obat dan makanan di Indonesia. Selain Fun Walk dalam rangka HUT Ke-23 BPOM RI, juga dilaksanakan Penandatanganan “Komitmen Peduli Lingkungan Balai Besar POM di Banjarmasin. Melalui komitmen ini, semoga Balai Besar POM di Banjarmasin dapat turut serta menerapkan peduli lingkungan secara konsisten dalam setiap kegiatan yang dilakukan baik di area kantor maupun di luar kantor.

Selamat HUT Ke-23 BPOM RI “Kolaborasi hingga Pelosok Negeri untuk Melindungi Masyarakat”. (ymp)

Sarana