Kerling di Kabupaten Banjar

31-07-2023 Banjarmasin Dilihat 367 kali

Kelotok Laboratorium Keliling (Kerling) Bbpom di Banjarmasin hadir kembali ke tengah masyarakat khususnya di Sungai Martapura Kabupaten Banjar, Sabtu 22 Juli 2023.

Kerling merupakan salah satu inovasi sebagai bentuk perluasan dari Mobil Laboratorium Keliling, yang melibatkan tiga fungsi yaitu fungsi pemeriksaan dalam hal sampling pangan, fungsi pengujian yang bertugas melakukan uji bahan berbahaya pada pangan dengan metode cepat/tes kit, serta fungsi KIE Obat dan Makanan aman baik dijelaskan secara langsung menggunakan pengeras suara, maupun melalui pembagian leaflet atau brosur.

Hasil uji dari samping pangan yang dijual di lingkungan Sungai Barito menunjukkan bahwa produk pangan memenuhi syarat, tidak ada satu pun yang mengandung bahan berbahaya. 

Dengan dilaksanakannya kegiatan Kerling, diharapkan masyarakat yang tinggal di tepian sungai serta pedagang yang menjual produknya akan memahami bagaimana pentingnya keamanan pangan, dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

Cek KLIK juga harus dilakukan sebelum membeli dan mengonsumsi pangan olahan yang tersedia di sepanjang jalur transportasi air. Jika pangan yang dijual di jalur wisata aman, maka promosi wisata Kalimantan Selatan juga dapat ditingkatkan.

Sarana